5 Hal yang Asyik Dilakukan Bersama Rombongan di Dalam Kereta

Perjalanan dengan kereta api selama 15 jam mungkin terdengar akan membosankan. Tapi tidak jika Anda bersama rombongan. Ada banyak hal asyik yang bisa dilakukan. Seperti yang dirasakan oleh teman-teman FLP Se-Jawa Timur, saat naik kereta Pasundan dari stasiun Gubeng menuju stasiun Kiaracondong, Bandung.

Apa saja hal asyik yang bisa dilakukan di dalam kereta itu?

1. Nobar alias Nonton Bareng
    Berbekal laptop mungil, dengan suara yang tak begitu jelas terdengar (karena kalah dengan suara kereta), nonton film bareng bisa menjadi pilihan yang asyik. Nikmati saja gambar dan teks terjemahannya. Tapi nontonnya cukup berempat, berenam, maksimal bersepuluh aja ya (dalam satu lajur). Kalau kebanyakan, nanti keretanya gak imbang dan bisa guling.

2. Kajian Pra-Nikah
    Tentu saja, kegiatan ini hanya menarik bagi para jomblo. Terutama jomblowan-jomblowan yang saya banggakan. Agar terkesan tidak terlalu mellow, mereka namakan pengajian pra-nikah ini dengan kajian micin. Berlaku sebagai moderator saat itu adalah Zayyin Ahmad (yang gantengnya hampir-hampir mengalahkan Reza Rahardian), dan sebagai pemateri utama atau juru kunci, eh pembicara kunci: Ustadz Teguh Wibowo, M.Sg (gelar itu disematkan begitu saja oleh para peserta yang antusiasnya sudah gak ketulungan). Apa saja yang dibahas? ya, seputar cara mendapatkan jodoh, bagaimana prosesnya, lengkap beserta tips-tipsnya. Acara berlangsung meriah dan heboh, hingga hampir-hampir kereta goyang dan tergoda meliukkan badannya ke kiri dan ke kanan.

3. Konsultasi Penulisan
    Ternyata asyik juga diskusi tentang penulisan di dalam kereta. Ini dilatarbelakangi Inel, yang karena mau ikut lomba cerpen, minta karyanya dibedah. Jadilah saya baca cerpennya itu, dan dikritik sini-sana, hingga endingnya... ia harus nulis cerpen baru. Begitu gigih ia, hingga di perjalanan pulang, cerpen barunya sudah selesai. Dan kali ini, tanpa revisi. Seandainya satu gerbong sendiri hanya berisikan anak-anak FLP, mungkin bagus juga sekalian seminar, talk show, atau workshop kepenulisan. Yang penting, tetap jaga keseimbangan kereta agar tidak terjungkal ke belakang. Ingat, ini kereta, bukan rooler coaster.

4. Stand Up Comedy
    Kalau mau sambil sit up comedy juga boleh. Kali ini Bang Zickyn dengan bakatnya yang sudah mendarah daging, membuat seisi kereta terkesima. Bahkan termasuk emak-emak yang bukan rombongan FLP sepertinya mendadak ngefans sama dia. Humornya sangat alami, higienes, kaya protein, dan tanpa pemanis buatan. Loohh? Tetapi bukan hanya Bang Zickyn, banyak dari mereka yang saya lihat punya bakat jadi komedian. Mengocok perut, mengguncang kereta, sehingga hampir-hampir rodanya lepas. Hmm..

5. Shalat Berjamaah
    Nah, ini tak boleh dilupakan. Seberapapun padatnya aktivitas di dalam kereta. Shalat tepat waktu dan berjamaah. Agar perjalanan semakin berkah. Di akhir shalat, jangan lupa berdoa agar diberi kemudahan selama perjalanan. Dan berdoa juga, agar ban kereta tidak bocor di tengah jalan.

Itulah 5 hal asyik yang bisa dilakukan bersama rombongan di dalam kereta. Mau berapa lamapun perjalanan tidak akan terasa, kalau Anda melewatkannya bersama. Bahkan, bisa jadi Anda akan ketagihan dan mau naik kereta lagi, meski keretanya sudah bosan dengan wajah Anda. Tidak apa-apa, ini ujian. Seberapa rindu Anda dengan kereta, menandakan bahwa Anda masih punya semangat untuk jalan-jalan.

Baik. Jika Anda punya tips-tips asyik lainnya di dalam kereta, silakan, tak perlu sungkan untuk dibagi.
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "5 Hal yang Asyik Dilakukan Bersama Rombongan di Dalam Kereta"