Cara Mudah Buka Lapak dan Mendapatkan Penghasilan di Shopee

Sebelum membedah cara jualan online lewat Shopee, saya ingin berbagi sedikit cerita tentang awal mula menggunakan marketplace satu ini.
Hasil gambar untuk shopee
Shopee mengklaim sebagai marketplace pertamadengan fitur free ongkir
Saat awal-awal booming, saya mengira Shopee itu nama orang. Beberapa teman di medsos membicarakannya. Tapi karena saya sama sekali gak kepo, saya membiarkannya lewat begitu saja.

Sampai kemudian, istri saya bilang kalau dia jualan baju di Shopee. Saat itulah saya baru ngeh kalau Shopee itu adalah lapak online sejenis Tokopedia, Lazada, OLX, dan lain-lain. Tapi saya sama sekali tidak tertarik. Saya pernah mencoba jualan di marketplace yang lain tapi belum pernah ada penjualan.

Kata istri jualannya di Shopee laris. Saya hanya mengangguk-angguk saja. Ia juga kerap kali berbelanja online lewat Shopee, saya tak melarang. Tapi ketika ia mulai meminta saya untuk buka lapak di Shopee, saya katakan saya tidak berminat. Saya sudah punya banyak pasar. Sudah punya web, sudah ada instagram, jualan di facebook juga jalan. Jadi sepertinya belum perlu dan buang-buang energi saja.

Namun entah kenapa, saya kepikiran juga. Kenapa tidak saya coba? ya, iseng-iseng berhadiah lah, hehe. Saya coba daftar, mengisi profil, dan mulai berjualan. Produk saya upload adalah buku-buku Cahaya Pustaka. Dan yang saya upload, bukan buku-buku yang laris, melainkan komik-komik yang belum laku dan harganya murah meriah. .

Baru upload beberapa buku, selang 2 atau 3 hari kemudian sudah ada pemesanan. Saya kaget juga. Kok cepat banget? Kok bisa laku? Saya upload lebih banyak, dan pesanan mulai berdatangan. Dengan produk yang masih sedikit, dan bermula dari iseng, di bulan pertama saya mendapatkan omset lebih dari 1 juta rupiah. Beneran, ini belum saya seriusi. Ternyata menghasilkan.

Sekarang mulai saya openi, dan pesanan pun semakin banyak berdatangan.

Cara Daftar dan Buka Lapak Perdana di Shopee

Nah, mudah-mudah cerita tadi cukup menguatkan tekad pembaca sekalian untuk berjualan di marketplace satu ini. Berdasarkan survey yang dihimpun, saat ini transaksi lewat marketplace di Indonesia sudah membukukan omset puluhan miliar per hari. Dengan demikian, ceruk ini tentu sangat potensial.

Mendaftar di Shopee cukuplah mudah. Tak harus menggunakan komputer atau laptop. Cukup pegang smartphone Anda. Buka playstore dan download aplikasi Shopee. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.
membuat akun shopee
penampakan aplikasi Shopee (paling atas)
1. Buka aplikasi Shopee yang sudah terinstal
2. Kemudian lihat daftar menu di sebelah kanan atas. Pilih daftar/registrasi
Cara Daftar Membuat Toko Online Di Shopee
3. Lakukan registrasi dengan memasukkan semua data yang diminta seperti nama, no hp, email, dan lain-lain
4. Buka email Anda untuk memverifikasi akun. Setelah diverifikasi, maka akun Anda sudah dinyatakan aktif dan sudah bisa dipakai untuk berbelanja.
5. Untuk membuat toko, klik menu "jual" kemudian pilih menu pengaturan toko
Menu Utama Seller Shopee
6. Silakan atur profil toko, alamat, no rekening toko, dan jasa pengiriman yang diinginkan
Menu Toko pada Shopee
7. Nah, toko Anda di Shopee sudah jadi. Biasanya nanti Anda akan dapat notifikasi program gratis ongkir dari Shopee. Anda diminta mendaftar dengan mengirim foto KTP. Program free ongkir ini banyak diminati oleh pelanggan, karena ada subsidi dari Shopee sebesr 30-40 ribu jika menggunakan ekspedisi JNE.

Mulai Berjualan di Shopee

Sekarang saatnya upload produk perdana Anda. Ikuti kembali langkah-langkahnya.

1. Masuk ke menu "Jual" kemudian klik "Tambah Produk Baru"
2. Anda bisa memasukkan gambar produk langsung lewat kamera, foto, atau via instagram
3. Kemudian masukkan judul produk yang ingin dijual, tambahkan deskripsi dan tag (untuk memudahkan orang ketika mencari produk Anda atau ketika orang mengetik kata kunci tertentu bisa ketemu produk Anda). Masukkan juga berat produk, harga, dan stok
4. Setelah semua selesai diisi, silakan kirim. Dan produk Anda sudah terdisplay di Shopee. Anda bisa membagikannya juga di laman medsos Anda.

Tips Berjualan di Shopee

Sebenarnya tak banyak tips yang bisa saya bagi, karena ini juga baru bulan kedua bergabung di Shopee. Anda akan lebih banyak menemukan tips praktis saat Anda sudah semakin sering berjualan.

1. Klik naikkan produk setiap selesai mengupload produk baru. Produk lama juga bisa dinaikkan lagi. Dengan menaikkan produk, peluang produk Anda untuk dilihat pengguna Shopee semakin besar.
2. Upload secara rutin produk Anda atau promosikan ke media sosial
3. Survey terlebih dahulu. Anda bisa mensurvey harga produk yang sama dengan produk Anda di Shopee, lalu pilih sortir produk terlaris dan produk termurah. Sebisa mungkin harga yang Anda tawarkan bisa bersaing dengan yang lain. Pelajari bagaimana produk terlaris itu, , mungkin deskripsinya yang detail, gambar produknya yang bagus, dan lain-lain.
4. Berikan pelayanan terbaik. Terutama nanti akan banyak yang chat dan tanya-tanya tentang produk Anda. Jawablah semua pertanyaan dengan ramah. Ini akan mempengaruhi tingkat kepercayaan customer Anda.
5. Ketika Anda berhasil menjual sebuah produk dan customer memberikan penilaian (rating), maka potensi produk Anda untuk terjual kembali semakin besar. Apalagi ketika Anda mendapatkan rating bintang 5.

Beberapa Kemudahan dan Keunggulan Lain Berjualan di Shopee

1. Pembayaran yang masuk dari pembeli akan masuk ke Shopee Pay Anda. Bisa Anda tarik kapan saja Anda mau.
2. Pengiriman barang di Shopee dibatasi 3 hari. Jadi segera kirim barang ke pembeli sebelum batas waktu. Demikian juga, masa pemesanan dan pembeli dibatasi. Kalau pembeli tidak membayar sampai batas waktu, maka order dianggap cancel dan produk Anda bisa terdisplay kembali.
3. Anda bisa berjualan kapan saja dan dimana saja, selama ada smartphone di tangan Anda.
4. Mendapatkan laporan penjualan dan laporan performa toko mingguan.
5. Jika penjualan Anda bagus, Anda bisa menjadi star seller. Dengan menjadi star seller Anda akan mendapatkan rekomendasi dan fasilitas lebih dari Shopee. Produk Anda juga bisa dipromosikan di flash sale, yang biasanya produk-produk yang ditawarkan lewat flash sale terjual laris.

Sementara demikian sharing dari saya tentang cara buka lapak dan mendapatkan penghasilan di Shopee. Selamat mencoba!
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

1 Response to "Cara Mudah Buka Lapak dan Mendapatkan Penghasilan di Shopee"

Fauziah Rachmawati mengatakan...

ko aku g pernah daper free ongkir ya? hiks...padahal order di atas 100k..