Prof Mahfud MD Menulis 2 Jam Setiap Hari

Siapa tak kenal sosok pakar hukum tata negara satu ini. Selain pernah menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK) beliau juga penulis yang produktif lho. Karya-karya beliau di bidang hukum dan politik setidaknya lebih dari 13 judul. Salah satunya berjudul Hukum dan Pilar-Pilar Demokrasi. So pasti bahasanya berat, bobot bukunya juga berat.

Prof Mahfud mengaku mulai menulis sejak masih kuliah. Awalnya, hanya karena ingin namanya dikenal, agar muncul di koran. Tulisan pertama beliau tentang kegiatan agama di sebuah masjid yang ada di Yogyakarta. Sejak saat itu, tulisan beliau mulai sering dimuat terutama di Harian Jawa Pos dan Republika.

Beliau pun menjadi semakin produktif. “Sekurang-kurangnya saya bisa menulis dua artikel dan satu makalah dalam seminggu,” kata sosok yang pernah merasakan kuliah di jurusan Sastra Arab ini. Beliau juga merutinkan menulis setiap hari, mulai pukul 6 sampai pukul 8 pagi. Prof Mahfud mengatakan bahwa penting sekali untuk merutinkan menulis, sebab jika tidak akan tumpul kembali. Padahal tidak mudah untuk mengasah kemampuan menulis tersebut.

Sebagai seorang akademisi, bahkan pernah menjabat sebagai rektor sebuah universitas swasta, Prof Mahfud menyayangkan banyaknya dosen yang tidak menulis. “Sosok dosen itu harusnya fasihul kalam (fasih bicara) sekaligus fasihul qalam (fasih menulis),” kata beliau.

Benar juga ya. Karena bagaimana pun dosen dianggap sebagai salah satu ikon pendidikan. Dan salah satu basis pendidikan adalah membaca dan menulis. Dosen juga identik dengan kepakaran dan wawasan yang mendalam, jadi sayang kalau ilmunya tidak dibukukan.

Nah, patut ditiru nih semangat Prof Mahfud MD dalam menulis. Beliau sudah membuktikan menjadi seorang pakar yang juga penulis. Sehingga kepakaran beliau semakin diakui dengan semakin banyaknya karya dalam bidang yang ditekuni. Karya-karya beliau juga menjadi rujukan dan bahan bacaan tidak hanya bagi mahasiswa hukum tapi seluruh masyarakat yang tertarik mempelajari hukum.

Ingat ya kuncinya, menulis setiap hari. Jika Prof Mahfud yang super sibuk saja bisa meluangkan waktu 2 jam untuk menulis, kenapa kita yang lebih banyak waktu tak sempat menulis meski hanya 15 menit setiap harinya? (@rafif_amir)


loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Prof Mahfud MD Menulis 2 Jam Setiap Hari"