Uji Rasa dan Aroma; Kopi Banten Vs Kopi Oengkoel Ngawi


Saya mendapatkan Kopi Banten dan Kopi Oengkoel ini bersamaan. Saya minum bergantian. Maksudnya, kadang hari ini minum Kopi Banten, besok minum Kopi Oengkoel. Tapi gak mesti selang-seling, karena saya juga masih punya koleksi kopi lainnya.

Dari segi aroma, langsung bisa dibandingkan antara dua kopi ini. Kopi Oengkoel Ngawi sangat wangi. Aroma harum dan khas. Sementara Kopi Banten aromanya tak jauh beda dengan kopi-kopi lainnya.

Dari segi rasa, Kopi Oengkoel Ngawi ini dikenal juga dengan kopi nongko. Diolah 100 persen dari kopi excelsa (excels coffe seloondo). Tagline-nya “kopi ngangeni”. Jadi rasanya memang mirip-mirip nangka, berbeda dengan kopi hitam yang biasa tersedia di warung-warung kopi pinggir jalan. Tekstur ampasnya agak kasar, namun tak mengurangi citarasa kenikmatannya. Saya sarankan, kopi cocok untuk dihirup di pagi hari, untuk membangkitkan semangat.
Kopi Oengkoel
Berbeda dengan Kopi Oengkoel, Kopi Banten rasanya lebih tajam. Jika tidak pakai tambahan gula, kopi ini lebih pahit. Bubuknya lebih halus dan ampasnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan Kopi Oengkoel. Selain rasa, Kopi Banten juga lebih bikin kuat melek dibandingkan kopi-kopi lain yang saya punya. Jadi pas sekali jika dihirup di malam hari, untuk menemani Anda ngelembur pekerjaan.
Kopi Banten
Jadi, masing-masing punya kelebihan. Kopi Banten yang diolah secara tradisional dari biji kopi pilihan khas Banten menunjukkan kelasnya lewat kekuatan rasa dan membuat Anda melek berjam-jam, sementara Kopi Oengkoel Ngawi unggul dari segi aroma yang khas.

Mengenai kemasan kopi (saya kurang tahu kalau mungkin ada model kemasan lainnya), Kopi Oengkoel memiliki kemasan yang lebih baik. Berbahan plastik dan bisa dibuka tutup dengan mudah sehingga tak perlu lagi wadah. Sedangkan Kopi Banten bahan pembungkusnya masih berbahan karton sehingga kalau kena air pasti rusak dan basah. Hanya dalamnya saja yang menggunakan plastik cetik biasa. Kurang praktis menurut saya.

Tapi apalah arti sebuah kemasan, jika isinya sudah menjamin kualitas rasa dan aroma?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Uji Rasa dan Aroma; Kopi Banten Vs Kopi Oengkoel Ngawi"

Vindy Putri mengatakan...

Berarti saya ga boleh minum Kopi Banten. Minum kopi biasa aja bisa ga tidur 1-2 hari, apalagi minum kopi Banten ini.. hehe bisa berapa hari saya ga tidur...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel