Tips Jitu Mengelola Waktu (#1): Five Must Do



Ide ini dilontarkan seorang pemuda kepada salah satu orang terkaya di dunia, Charles Schwab. Pemuda itu meminta Schwab mencobanya, dalam kurun waktu satu bulan. Schwab merasa puas dan memberikan pemuda itu hadiah senilai 100.000 dolar.

Ide yang sederhana, tetapi bisa mengubah hidup Anda. Ia berkata begini, “Pada penghujung hari setiap harinya, tulislah lima hal terpenting yang harus Anda lakukan esok hari.”

Daftar Hal Penting

Ini yang pertama kali harus Anda lakukan. Luangkan waktu beberapa menit menjelang tidur. Penghujung malam adalah waktu yang paling tepat untuk persiapan, sehingga apa yang Anda pikirkan bisa masuk ke dalam pikiran bawah sadar.
Tulis semua hal yang harus Anda lakukan esok hari. Lalu pertimbangkan 5 hal yang paling penting. Catat 5 hal penting itu. Ingat, bukan 5 yang paling mudah, paling cepat, atau paling mendesak. Tetapi 5 yang paling penting.

Pastikan Tercatat

Agar Anda bisa merasakan manfaat tips jitu “five must do” ini, Anda harus ikuti aturannya. Pastikan 5 hal paling penting itu tercatat. Tidak hanya untuk diingat dalam kepala. Catat pada buku harian yang selalu Anda bawa, atau boleh juga pada ponsel pintar Anda. Yang terpenting, benda itu selalu Anda bawa kemana saja, mudah terlihat, dan mudah digunakan.

Lakukan dengan Sungguh-Sungguh

Kerjakan lima hal terpenting tadi secara sungguh-sungguh dan di awal hari. Jangan menunda untuk mengerjakannya. Selesaikan 5 hal itu, baru Anda boleh mengerjakan yang lainnya. Terkadang mungkin ada yang berat dan membutuhkan waktu lebih lama. Tidak apa-apa, kerjakan saja.

Konsisten

Lakukanlah itu setiap hari secara konsisten. Jika tidak, tips ini tidak akan berhasil. Untuk menjaga konsistensi ini, banyak cara bisa Anda lakukan. Misal, meminta seseorang untuk mengingatkan, menggunakan alarm, berikan hukuman pada diri sendiri jika tidak melakukan, dan lain sebagainya.

Hari Berikutnya

Jika sampai penghujung malam, ada diantara daftar “five must do” Anda yang belum terselesaikan, entah karena sangat sibuk atau alasan lainnya, jangan putus asa. Tetap semangat menyongsong esok, dengan menyusun daftar “five must do” lagi. Dan masukkan daftar hal yang belum selesai tadi. Misal ada 2 yang belum selesai, maka Anda masukkan itu dalam daftar 5 hal terpenting besok. Kerjakan lalu selesaikan.

sumber gambar: caraunik.info

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Jitu Mengelola Waktu (#1): Five Must Do"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel