Tips Jitu Mengelola Waktu (#2): Berani Berkata “Tidak”


Pernahkah Anda mengalami seperti ini: Anda sudah membuat jadwal apa yang harus dikerjakan hari ini, tapi kemudian ada seseorang yang meminta bantuan Anda. Anda berpikir itu tak akan memakan waktu lama. Tapi ternyata, banyak waktu Anda yang hilang setelahnya. Beberapa agenda Anda terpaksa ditunda untuk keesokan harinya.

Tips ini tak hendak mengajarkan Anda untuk menjadi orang yang tidak senang membantu. Anda boleh membantu siapapun. Tetapi pertimbangkan, seberapa penting dan mendesak itu untuk dilakukan, dibandingkan agenda yang harus Anda lakukan. Jika Anda bisa membantunya tanpa mengambil waktu Anda, maka lakukan. Misal, Anda memberikan ia referensi orang yang bisa mengerjakannya dengan lebih baik. Atau Anda berjanji untuk membantunya besok, lalu Anda memasukkan ia dalam daftar yang harus dilakukan besok.

Berani mengatakan “tidak”. Memang tidak mudah. Butuh keberanian untuk mengatakannya. Karena kadang kita kalah oleh rasa sungkan, tidak enak, atau khawatir dibilang egois, dan lain sebagainya. 
Oleh karenanya, Anda memerlukan teknis khusus untuk mengatakan “tidak” ini secara halus. Pertama, berilah reaksi positif seperti: “Wah, menarik sekali…”, “Terima kasih sudah percaya pada saya..”, dan lain-lain. Kedua, jangan sambung reaksi positif itu dengan kata yang berlawanan semisal “tapi”, “namun”, gunakan kata “dan”, “bagaimanapun”. Ketiga, tinggalkan kesan positif seperti “Semoga lain kali bisa membantu”, “Semoga acaranya sukses”, dan lain-lain.

Contoh sederhananya begini. Ada orang yang datang kepada Anda dan meminta Anda untuk mengetik sejumlah tulisan ke dalam komputer. Anda akan mengatakan begini, “Wah, senang sekali andai bisa membantu. Hari ini saya ada beberapa agenda yang harus dikerjakan dan butuh waktu yang cukup untuk menyelesaikannya. Saya punya saran, bagaimana kalau tulisan itu diserahkan di rental X. Dalam sehari, biasanya bisa selesai. Semoga membantu dan semoga dimudahkan ya.”

Banyak contoh lainnya. Yang Anda lakukan adalah tetap berkomitmen pada agenda yang telah Anda susun sehari sebelumnya. Berkata “tidak” juga bisa Anda lakukan pada teman yang mengajak ngobrol ngalor-ngidul sehingga banyak membuang waktu Anda, atau ajakannya untuk jalan-jalan dan berpesta. Pastikan Anda tahu apa yang harus dikerjakan hari itu dan berani mengatakan “tidak” jika itu mengurangi komitmen Anda pada agenda-agenda penting dan mendesak yang harus diselesaikan.

Cara lain, Anda bisa tetap membantu mereka tetapi Anda meminta bantuan mereka pula untuk hal-hal yang seharusnya menjadi tanggung jawab Anda. Jika memang itu memungkinkan. Seseorang yang meminta bantuan biasanya tak akan menolak jika ia dimintai bantuan. Tetapi tergantung pada bantuan apa yang bisa diberikan. Jika memang tidak memungkinkan, Anda bisa mengatakan “tidak” dan fokus pada agenda Anda.

sumber gambar: tahupedia.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Jitu Mengelola Waktu (#2): Berani Berkata “Tidak”"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel