Tips Jitu Mengelola Waktu (#3): Singkirkan Televisi



Kecuali berita dan hiburan, tak ada lagi yang bisa disajikan televisi untuk Anda. Tetapi Anda terus menerus berada di depan telivisi, menghabiskan 3 sampai 4 jam setiap hari. Ohya, bisa jadi Anda lebih lama menonton iklan daripada program yang ditayangkan.

Televisi akan menggerus waktu Anda. Sementara Anda tidak menyadari itu. Anda menganggap bahwa berada di depan televisi adalah cara terbaik melepas penat. Apalagi Anda menempatkan televisi di dalam kamar tidur sehingga Anda bisa menonton sambil berbaring santai. Dan tak jarang televisi membuat Anda mengantuk sehingga televisilah yang balas menonton Anda yang sedang tertidur.

Selain tayangan yang benar-benar Anda butuhkan dan bermanfaat, matikan televisi. Jika Anda ingin mengetahui berita terkini dengan cepat, portal online seperti detik.com misalnya, akan membantu Anda lebih menghemat waktu. Anda bisa memilih berita yang paling banyak diperbincangkan, atau berita favorit, atau apapun yang ingin Anda ketahui.

Jangan menghambur-hamburkan waktu untuk televisi. Banyak hal yang bisa Anda dapatkan tanpa televisi. Saya pernah beberapa bulan hidup tanpa televisi dan saya tak merasa bahwa hidup saya sama sekali kering dari hiburan, tak pula kemudian menjadi kudet informasi. Sampai saat ini pun, saya menyalakan televisi hanya sekali-kali. Jika saya rasa, tak ada yang menarik dan bermanfaat, saya matikan.

Bahkan saya memiliki cara agar dalam satu waktu, saya tidak sekadar menonton televisi. Saya tidak menonton secara aktif, melainkan pasif. Maksudnya, saya menonton sambil menulis, saya menonton sambil sarapan, saya menonton sambil membaca, dan lainnya. Itu akan menghemat waktu-waktu Anda.

Saat menonton telivisi, pastikan Anda tahu apa yang ingin ada dapatkan dari program yang Anda tonton. Kemudian berhentilah pada program yang sesuai. Jangan terlalu lama memegang remote dan memindah-mindah saluran. Terkadang tanpa Anda sadari, pekerjaan itu sudah banyak membuang waktu Anda. Jika tak ada yang menarik dan bermanfaat, singkirkan telivisi dan lakukan aktivitas lain.
Saya yakin Anda masih akan baik-baik saja. 

sumber gambar: mushida.org

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Tips Jitu Mengelola Waktu (#3): Singkirkan Televisi"

Sabda Awal's Blog mengatakan...

sudah dapat dihitung berapa kali saya menonton tv. tv mulai saya tinggalkan, digantikan oleh hiburan lainnya. Misal sosmed, film berlangganan, dan donwload film. kalau cuma untuk akses berita saya baca dari artikel

Daruma mengatakan...

jadi dilema tersendiri kalo gak nonton TV.
kalau saya sudah bisa meningkan acara TV yang boring dan malah beralih download film dan anime lalu saya masukin ke FD dan nontonya di TV wkwkwk
tapi jujur saya bisa nongkrong di TV hampir 6 jam'an kalo weekend. dan itulah yang menyita waktu saya. mungkin saya harus lebih tegas untuk mengurangi aktivitas menonton.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel