Tips Jitu Mengelola Waktu (#6): Seberapa Besar Nilai Anda dalam Satuan Waktu?



Satu hal yang membuat Anda menyia-nyiakan waktu; karena Anda tidak menyadari bahwa setiap menit bahkan setiap detik dari kehidupan Anda itu sangat berharga. Anda belum menyadarinya karena harga itu bukan dalam bentuk angka.

Oleh karenanya, kali ini kita akan sama-sama menghitung, berapa nilai kita setiap jamnya. sama seperti kita menghitung secara kasar nilai pesepakbola termahal di dunia, Lionel Messi. Messi mendapat 756 miliar rupiah per tahun atau 63 miliar per bulan. Jika dihitung harian, sekitar 2,1 miliar per hari. Jika dihitung jam, 875 juta per jam. Jika dihitung menit, 15 juta per menit. Jika dihitung detik, 250 ribu per detik! Sampai-sampai ada guyonan, jika Messi berjalan kemudian uangnya jatuh sebesar 200 ribu, ia akan memilih tidak mengambilnya dan terus berjalan. Karena butuh waktu sekitar detik baginya untuk mengambil uang itu, semntara dengan waktu 3 detik itu ia mendapatkan 750 ribu.

Cara untuk menghitung nilai Anda sangat mudah. Tentukan dulu, berapa penghasilan yang Anda inginkan di tahun depan. Lalu bagi jumlah hari kerja yang Anda inginkan (jika menggunakan standar kantoran, kurang lebih 220 hari). Lalu bagi lagi dengan jumlah jam kerja harian yang Anda inginkan (biasanya 8 jam). Kemudian hasilnya kalikan dengan 2. Mengapa dikalikan 2? Karena hanya separuh dari jam kerja Anda yang benar-benar produktif.

Baik, sekarang kita mulai simulasi. Anda menginginkan penghasilan 5 juta per bulan yang artinya 60 juta per tahun.

60.000.000: 220 = 272.000
272.000: 8 = 34.000
34.000x2 = 68.000

Jadi, nilai Anda dalam satuan waktu adalah Rp 68.000,- per jam. Jika Anda telah menyadari ini, Anda harus lebih bisa memilih tugas atau pekerjaan yang membuat Anda mendapatkan angka sebesar itu setiap jamnya. maka Anda pun akan bersungguh-sungguh dalam pekerjaan Anda.

Teknik ini sebenarnya lebih cocok lagi bagi Anda yang memutuskan menjadi wirausahawan atau pekerja professional. Anda akan mencari cara bagaimana agar mendapatkan penjualan yang keuntungan bersihnya setara 68 ribu setiap jam. 

Jika Anda merasa terlalu sulit untuk memenuhi itu. Anda bisa memperpanjang jam kerja Anda atau jumlah hari kerja dalam setahun. Atau tanpa dikalikan 2, dengan catatan bahwa selama jangka waktu jam itu Anda terus bekerja.

Anda ingat terus angka itu, sehingga Anda tidak akan melewatkan waktu dengan bermalas-malasan. Selamat mencoba!

Referensi: Michael Heppell, How To Save an Hour Every Day. Elex Media, 2012

sumber gambar: kudo.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Jitu Mengelola Waktu (#6): Seberapa Besar Nilai Anda dalam Satuan Waktu?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel