Pengalaman Pribadi Mengirim Paket ke Luar Negeri Via Pos Indonesia



Sebenarnya, ini bukan pengalaman pertama saya mengirim paket ke luar negeri. Sebelumnya, sudah pernah mengirim ke Malaysia. Namun itu sudah bertahun-tahun lalu.

Kali ini, saya mendapatkan pesanan buku dari Romania. Ia ingin membeli buku Guinnes Book of Records. Disampaikannya order melalui surel Cahaya Pustaka.

Saya pun antusias menanggapi. Segera saya cek berapa ongkir ke negara tersebut. Saat ini caranya sangat mudah. Bisa dicek melalui situs www.posindonesia.co.id. Setelah mengecek, saya pun mengetahui beberapa variasi harganya. Saya gunakan ongkir yang tengah-tengah. Tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal.

Saya minta pemesan membayar lebih dahulu total biaya melalui rekening bank saya. Beberapa hari kemudian saya menerima laporan bahwa uang sudah masuk.

Segera saya bungkus buku pesanan dan berangkat ke kantor pos pusat. Mengapa ke kantor pos pusat. Hanya berjaga-jaga saja, khawatir agen tidak menerima untuk pengiriman ke luar negeri.

Sampai di kantor pusat, saya langsung menemui front office dan mengatakan kalau ingin mengirim paket barang ke luar negeri.

Ada beberapa pilihan layanan. Saya pilih yang murah dan tidak melebihi prediksi ongkir sebelumnya. Kira-kira menurut petugas kantor pos, butuh waktu 10 hari. Tetapi bisa jadi sampai sebulan lamanya.

Tidak seperti ketika saya mengirim paket biasa ke dalam negeri, buku yang sudah dibungkus rapi lengkap dengan alamat, dibongkar lagi oleh petugas. Dicek sampai ke dalam. Mungkin khawatir ada disisipkan narkoba dan sejenisnya.

Tetapi kemudian di-packing lagi.

Berikutnya langsung diproses. Saya mendapatkan bukti kirim yang memuat nomer resi dan barcode.
Saya senang sudah berhasil menyelesaikan proses pengiriman. Perlu kesabaran untuk berdiri dan menunggu pengecekan barang. Saya bisa kembali pulang dengan bernapas lega.

Tingga saya menunggu, paket barang yang saya kirim ke luar negeri (Romania) sampai dengan selamat. Semoga diterima langsung oleh si pemesan.

Demikian sekelumit pengalaman saya mengirim paket ke luar negeri via pos Indonesia. Tak perlu galau kalau mendapatkan pesanan seperti ini. Ambil saja.[rafif]


sumber gambar: irnanto.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengalaman Pribadi Mengirim Paket ke Luar Negeri Via Pos Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel