Tips Liburan Tahun Baru Tanpa Meninggalkan Banyak Utang



Beli tiket pesawat atau booking hotel sekarang sudah bisa menggunakan layanan cicilan tanpa kartu kredit. Anggaran untuk transportasi dan akomodasi memang memiliki porsi yang cukup besar saat liburan. Itulah sebabnya kamu harus menyiapkannya agar tetap bisa mendapatkan harga terbaik.

Liburan tahun baru akan menjadi momen tepat untuk melepas penat. Apalagi jika bisa berkumpul dengan keluarga besar atau sahabat terdekat. Ada beberapa cara untuk tetap bisa liburan tanpa meninggalkan banyak utang di kemudian hari. Berikut ini adalah ulasannya;

Rencanakan liburan dengan baik

Liburan tahun baru adalah salah satu momen liburan panjang yang bertepatan dengan liburan sekolah. Sudah pasti liburan tahun baru memasuki high season. Apalagi jaraknya berdekatan dengan hari Natal.

Pada umumnya terjadi kenaikan harga saat high season karena permintaan yang meningkat. Begitu juga dengan harga tiket pesawat maupun harga sewa kamar hotel. Disinilah pentingnya perencanaan.

Perencanaan yang baik termasuk salah satu cara untuk menghindari utang terlalu tinggi. Idealnya jika ingin berutang tidak melebihi 30 persen dari pendapatan. Itulah sebabnya, rencanakan liburan tahun baru dengan baik. Jika perlu, rencanakan liburanmu satu tahun sebelumnya.

Siapkan tabungan khusus untuk liburan

Kerap kali kita mendengar beberapa orang terbebani utang setelah liburan. Apalagi jika liburan ke luar negeri. Ada saja pengeluaran tak terduga yang membuat pengeluaran menjadi membengkak.

Sebetulnya pengeluaran sebesar apapun bisa diantisipasi dengan tabungan yang cukup. Salah satu cara untuk mempersiapkan liburan adalah dengan menabung. Caranya, sisihkan penghasilan antara 10 persen sampai dengan 20 persen.

Cara ini jauh lebih efektif jika dibandingkan harus berutang dengan menyisihkan pendapatan sampai dengan 30 persen perbulannya.

Menyiapkan tabungan untuk liburan pun bisa disiasati dengan cara kreatif. Misalnya setiap hari menabung Rp 100 ribu atau setiap kali mendapatkan uang Rp 20 ribu, berkomitmenlah untuk langsung ditabungkan. Cara seperti ini sangat efektif dan sudah banyak dilakukan oleh para traveler. Dari tujuan di dalam kota hingga luar negeri bisa digapai berkat the power of uang ijo.

Cari tempat wisata di dalam kota

Liburan tahun baru tak harus liburan ke luar kota bahkan ke luar negeri kok. Persiapannya tentu saja lebih berat utamanya soal biaya. Kamu bisa mempersiapkan liburan dengan dana besar seperti ini untuk jangka panjang. Misalnya setiap 2 atau tiga tahun sekali.

Selebihnya bisa liburan dengan mengeksplor tempat wisata di dalam kota. Sesekali cobalah untuk menjelajahi keindahan kota Jakarta dari berbagai sudut. Jelajah tempat wisata Instagramable di Kota Tua atau wisata kuliner di kawasan kuliner legendaris seperti di sekitar Pecenongan, Jakarta.

Manfaatkan promo atau diskon

Jika sedang mujur, kadang-kadang kamu bisa mendapatkan promo dan diskon dari beberapa marketplace. Enaknya lagi, kamu bisa membayarnya terlebih dahulu dengan cara cicilan tanpa kartu kredit.

Promo dan diskon tersebut bisa kamu dapatkan dari beberapa marketplace yang menyediakan tiket pesawat, tiket kereta, dan kemudahan booking hotel seperti Blibli, Tokopedia Bukalapak, JD.id dan lainnya.

Tidak usah bingung mencari lembaga finansial yang memberikan kemudahan cicilan tanpa kartu kredit. Salah satunya adalah Kredivo. Kredivo punya cicilan yang fleksibel 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga rendah 2,95% saja perbulan. Bunga ini jauh lebih ringan hingga 50% jika dibandingkan dengan perusahaan non-bank lainnya.

Selain bisa dimanfaatkan untuk cicilan tanpa kartu kredit, saat menghadapi kondisi darurat pun kamu tetap bisa mengandalkan Kredivo untuk mengajukan pinjaman tunai secara online. Proses persetujuannya kurang dari 24 jam yang akan langsung ditransfer ke rekening yang terdaftar.

Jika sudah pasti akan mendapatkan bonus tahunan tahun depan, kamu bisa memanfaatkan layanan bayar dalam 30 hari tanpa bunga. Jadi, saat bonus turun kamu sudah bisa melunasi pinjaman kamu tanpa harus repot membayar bunganya.

Itulah beberapa tips liburan tahun baru tanpa harus pusing dengan utang setelahnya. Cicilan fleksibel dan bunga rendah dari Kredivo bisa menolong kamu menjaga cash flow bulanan aman.  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Liburan Tahun Baru Tanpa Meninggalkan Banyak Utang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel