Berwajah Semangka



Salah satu buah yang paling saya sukai adalah, semangka. Buah semangka yang dingin. Segarnya luar biasa. Tak pandang warna, mau semangka merah atau semangka kuning saya suka. Berbiji atau tak berbiji tetap saya sikat. Manis atau hambar tetap digilas.

Nah, kalau semangkanya terlalu hambar sehingga kurang nikmat jika dimakan biasa, saya punya tipsnya. Semangka dibela jadi dua. Salah satu bagian dikerok seperti mengerok blewah. Tidak usah dipindah ke mangkok atau gelas. Jadikan kulitnya sebagai wadah. Lalu kasi gula pasir secukupnya. Dimakan menggunakan sendok. Wah, nikmat sekali.

Saya hampir selalu menyediakan semangka di rumah. Kalau habis, beli lagi. Kadang juga dibuat hidangan untuk para tetamu. Menjadi suguhan khas dari kami. Seorang teman sampai-sampai berkata, “Mas, setiap saya melihat semangka selalu ingat sampeyan.”

“Loh, kok bisa? Memangnya wajah saya seperti semangka,” tanya saya heran.

“Karena setiap kali saya ke rumah sampeyan, suguhannya pasti semangka.”

Saya tertawa. Saya kira wajah saya bundar seperti semangka. Hehe.

Buah semangka, menurut saya, adalah buah tersegar di dunia. mata yang ngantu bisa mendadak melek. Pikiran yang suntuk tiba-tiba segar dan jernih kembali. Mungkin semangka, ibarat doping bagi saya. Selalu membuat saya kembali bersemangat.

Saya memotong semangka menjadi irisan agak kecil dan menaruhnya di sebuah wadah. Kulitnya sudah saya kupas. Lalu saya taruh di kulkas. Jadi, ketika saya ingin makan, saya tinggal meraih beberapa potong. Sekali lagi, nikmat dan segar.

Seringkali potongan semangka itu saya jadikan hadiah kecil untuk saya sendiri ketika berhasil menuntaskan pekerjaan atau deadline. Atau terkadang diantara jeda pekerjaan yang cukup menguras energy pikiran. Selain mendapatkan semangat, terkadang saya mendapatkan ide menarik setelah beberapa kunyahan.

Suatu hari, jika kebetulan semangka gak ada, saya merasa ada yang kurang. Sebagai gantinya saya minum air dingin. Tapi sebenarnya, itu tetap bisa menggantikan semangka. Minum air segelas dua gelas bisa kembung. Tapi makan semangka yang segar dan banyak kandungan airnya itu membuat saya selalu merasa kurang dan ketagihan.

sumber gambar: detakriaunews.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berwajah Semangka "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel