6 Ide Bisnis Menjelang Hari Raya Idul Fitri


Menjelang lebaran, Anda harus melewati satu bulan penuh berkah yaitu bulan Ramadhan. Pada bulan ini semua orang seakan mendapatkan berkah dan juga manfaat. Mulai dari penjual pakain yang laris di buru pembeli, begitu pula dengan penjual kue lebaran dan juga semua penjual bahan makanan. Selain itu pembeli juga diuntungkan dengan adanya diskon ramadhan yang biasanya berikan department store besar seperti ilotte. Penjual bahan bangunan juga tidak mau kalah, karena pada bulan ramadhan semua berbondong-bondong untuk mempercantik rumah masing-masing agar terlihat lebih menarik menyambut tamu yang akan datang. Para pekerja akan mendapatkan tunjangan hari raya yang bisa digunakan untuk berbelanja kebutuhan lebaran, dan juga sebagian untuk dibagikan kepada sanak saudara. Anak-anak, orang dewasa, tua muda, laki-laki perempuan semua bersuka cita menyambut datangnya bulan ramadhan. Anda juga bisa mendapatkan pekerjaan sampingan ketika bulan Ramadhan tiba, jika Anda dapat memanfaatkan momen ini dengan baik, tentu untung besar akan segera Anda dapatkan.

1. Penjual online kue kering pada bulan Ramadhan

Mempersiapkan lebaran, Anda bisa mengambil kesempatan untuk menjadi penjual online makanan ringan untuk lebaran, bisa berupa kue kering, jajanan dalam kemasan sirup, dan segala macam kue untuk lebaran. Anda bisa memanfaatkan media sosial yang anda miliki untuk memasarkan produk Anda. Mulai dari menawarkannya pada saudara dekat, teman kantor, tetangga dan orang terdekat Anda, dijamin salah satu diantara mereka akan tertarik dengan apa yang Anda jual. Berjualan online seperti ini juga tidak membutuhkan biaya besar, apalagi jika Anda bekerja sama dengan suplier-nya langsung, bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan modal sedikit pun, hanya gambar dengan informasi yang lengkap kemudian para pembeli akan menghampiri Anda. Menjadi penjual online memang membutuhkan konsentrasi dan juga menuntut online hours yang tinggi.

2. Penyedia parcel lebaran

Bagi Anda yang memiliki daya kreativitas tinggi, tak ada salahnya menyalurkan hobi Anda pada hal yang berguna dan juga menghasilkan yaitu dengan membuka jasa paket parcel lebaran. Anda bisa membuat parcel kue lebaran, parcel buah untuk lebaran dan berbagai macam parcel lain. Jika Anda bisa bekerja sama dengan toko retail penyedia kue lebaran akan leih baik lagi, karena bisa jadi Anda mendapatkan harga spesial. Anda juga harus aktif memasarkan produk dari jasa Anda untuk meningkatkan penjualan. Kreativitas yang tinggi menjadi kunci dari bentuk parcel yang indah. Tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang mewah dan mahal, yang penting anda bisa mengkreasikannya menjadi bentuk yang unik dan sedap dipandang. Perhatikan pula cara packing dan pengantaran kepada pembeli. Jika Anda tidak yakin dengan sistem delivery lebih baik Anda meminta pembeli untuk mengambil pesanan parcel sendiri ke tempat Anda. Parcel lebaran ini bisa berupa aneka macam kue kering, atau Anda bisa mengkreasikan dnegan beragam jenis kue dalam kaleng legkap dengan sirup bahkan ada juga yang memberikan parcel berupa sembako. Dijamin pasti akan disukai karena isi dari parcel yang pasti akan digunakan.

3. Perawat hewan sementara
Momen libur lebaran bagi warga di kota menjadi momen penting meluangkan waktu untuk mudik ke kampung halaman. Perjalanan ke kampung halaman yang memakan waktu berhari-hari ini akan sedikit membuat bingung pemilik hewan peliharaan. Pasalnya, mereka tidak mungkin membawa serta hewan peliharaan mereka untuk pergi mudik, apalagi jika perjalanan mudik menggunakan kendaraan umum. Momen inilah yang bisa Anda gunakan untuk mencari pekerjaan sampingan ketika liburan tiba. Jika kebetulan Anda tidak pergi mudik, atau memang tidak mudik karena rumah sanak saudara yang dekat, Anda bisa membuat jasa penitipan hewan peliharaan. Anda hanya membutuhkan beberapa kandang yang bisa ditumpuk, kemudian makanan hewan peliharaan untuk beberapa hari dan juga beberapa alat pengaman lainnya. Jika Anda tertarik dengan bisnis sampingan ketika musim lebaran dan liburan tiba, pastikan Anda tidak takut dengan hewan tersebut ya, dan juga anda harus paham bagaimana perawatan dari hewan tersebut. Tentu Anda tidak ingin hewan yang dititipkan kepada Anda akan sakit atau tidak sehat ketika pemiliknya menjemput.

4. Supir paruh waktu
Ojol atau ojek online sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Selain ojek, mobil-mobil pribadi juga banyak yang dimanfaatkan untuk disewakan secara online melalui aplikasi online. Ketika liburan tiba, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk mendapatkan pendapatan tambahan sebagai ojek online atau sopir online. Setelah berkunjung ke sanak saudara dan masih ada waktu luang kenapa tidak menggunakan kesempatan ini untuk membantu sesama yang ingin berpindah tempat mengunjungi saudara sekalian menambah uang saku, tentu akan menyenangkan bukan? Namun Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan dari keluarga Anda sendiri, jangan hanya demi mencari rupiah, Anda justru meninggalkan keluarga di rumah.

5. Menjadi penjaga rumah sementara

Hampir sama dengan perawat hewan peliharaan, menjaga rumah ini juga bertugas untuk menjaga rumah ketika pemilik tidak ada di rumah. Namun untuk menjadi penjaga rumah ini tidak mudah dilakukan karena cukup sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pemilik rumah. Biasanya orang yang mendapatkan pekerjaan ini sudah dikenal baik oleh pemilik rumah, karena memang resiko yang ditimbulkan cukup besar, oleh karena itu pemilih rumah akan memilih dengan selektif siapa yang mendapat kepercayaan untuk menjaga rumah tersebut. Ketika mendapat mandat untuk menjaga rumah kosong, Anda harus senantiasa menjaga rumah agar tetap bersih dan rapi. Jangan lupa juga untuk memberi makan hewan peliharaan atau tanaman yang dimiliki. Agar pemilik rumah puas dengan jasa yang Anda berikan.

6. Menjual makanan depan rumah

Biasanya ketika lebaran tiba orang-orang malas untuk memasak sendiri di rumah, banyak alasan yang menyebabkan mereka malas memasak, bisa karena sudah terlalu kenyang atau bosan dengan jenis makanan yang ada dirumah. Bosan karena makanan yang ada berkisar antara opor ayam, ketupat sayur, rendang dan makann berlemak lainnya. Anda bisa mulai menjual makanan yang beda dari menu mainstreem tersebut. Bisa berupa rujak, bakso, gado-gado dan menu lain yang Anda kuasai. Bisa juga Anda lengkapi jualan Anda dengan jualan camilan atau makanan ringan seperti tempura goreng, sosis goreng, cilok, dan makanan ringan lainnya. 

Jika Anda masih memiliki tempat bisa juga ditambah dengan jualan es campur, es cincau dan es blewah, dijamin pasti segar di tenggorokan. Alternatif bisnis ini sangat menjanjikan jika rumah Anda di samping jalan raya dengan pelataran yang cukup besar, pasti menjadi sasaran tempat istirahat pemudik.

Demikian beberapa ide bisnis yang biasa dilakukan ketika menjelang lebaran yang patut Anda coba, dengan sebaran dan ketelatenan pasti bisa mendapatkan untung yang lumayan besar. Jika Anda ingin mempraktikkan salah satu dari enam alternatif diatas sesuaikan dengan keahlian dan juga kecenderungan Anda untuk menyukai hal tersebut. Pekerjaan yang dilakukan dengan hati akan menghasilkan hasil yang lebih maksimal, karena dilakukan dengan suka cita tanpa ada paksaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Ide Bisnis Menjelang Hari Raya Idul Fitri"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel