Bertemu Orang-Orang Hebat di Acara Bimtek Fasilitator Literasi



Hotel Grand Inna Malioboro masih menyisakan kenangan yang tak habis-habis. Cerita tentang pertemuan yang tak biasa. Pertemuan yang seolah mengikat kami menjadi sebuah keluarga. Dengan cerita suka-dukanya. Tawa bahagia dan tangis tertahan di sela-sela perpisahan.


Yogyakarta, 29 April 2019. Dari sanalah cerita itu bermula. 80 orang pegiat literasi dari seluruh penjuru Jawa bertemu muka. Saya duduk di barisan depan, mengikuti acara pembukaan. Kenalan kiri kanan. Ada Pak Guru Ahmad Hanapiyah (pake “P” ya bukan “F”) dari Tangerang, ada Mas Rian dari TBM Kedai Proses Banten. Lalu Bu Asmariah, pengelola TBM Temon di Sleman. Belakangan saya tahu Bu Asmariah ini punya jadwal yang super padat. Sehari sebelum Bimtek di Jogja, beliau juga menghadiri acara literasi di Jakarta. Kepeduliannya terhadap dunia literasi sudah tak diragukan lagi.

Di tengah acara pembukaan, salah seorang peserta menyapa saya di dunia maya. Imam Emje nama akunnya. Rupanya kami sudah lama berteman di FB. Dia pernah jadi ketua FLP Cirebon dan sekarang bergiat di Sketsa Pribumi Foundation. Kado terindah darinya buat saya adalah dua puisi saya yang ia bacakan. Puisi dalam buku Kepak Cahaya. Terima kasih, Bro…

Masih di sela-sela acara pembukaan. Seorang peserta di belakang saya, ngajak kenalan (eh lupa, dia atau saya ya yang ngajak kenal duluan :D). Namanya, Mell Shaliha. Nama pena. Nama aslinya, Ermawati. Dari Gunung Kidul. Sebagai pecinta buku, tentu saya tak asing dengan nama itu. Novelis. Menerbitkan 8 buku. Ternyata juga, pernah menjadi anggota FLP Hongkong. Alhamdulillah bisa barter karya terbarunya dengan Rumah Tangga Tanpa Cinta.

Cerita perkenalan tak berhenti sampai di sini. Saya mendapatkan teman sekamar dari Kediri. Meski satu provinsi, jujur saya baru kenal. Namanya Iwan. Nama bekennya, Iwan Kapit. Pengelola TBM Gelaran Jambu di Kediri. Sungguh beruntung saya mendapatkan teman sekamar yang baik dan menyenangkan. Satu kali ia pulang malam dan saya ketiduran. Begitu sabar dia menunggu 15 menit di depan pintu, gara-gara saya gak dengar bel, gak dengar bunyi telpon. Mungkin saking nyenyaknya. Hehe. Maafkan, Mas Iwan.

Untuk menebus kesalahan, saya mengajaknya jalan-jalan keliling Malioboro dengan Jogja Bike. Melewati Titik Nol hingga Pasar Beringharjo. Lumayan, hitung-hitung olahraga pagi.

Kelas B di ruang Sadewa menjadi tempat saya mengenal lebih banyak lagi orang-orang hebat. Saya akan menyebutnya satu-satu, meski mungkin akan ada yang terlewat. Daya ingat saya tak terlalu baik. Maafkan.

Ada Pak Munawwir yang sering dijuluki “Pak Caleg”. Salah satu orang terheboh di kelas sekaligus paling sering di-bully. Ia cocok jika disandingkan dengan Syaeful Cahyadi, dari TBM Jlegongan Sleman. Dua orang ini saja sudah cukup membuat suasana kelas “berantakan”. Ohya, tambah satu lagi deh. Plus Eka Ugi.

Maruti Asmaul Husna, ketua FLP Yogyakarta, juga ada di ruangan yang sama. Ada Mbak Diyah yang bikin merinding saat membacakan puisi, Siti Nur Aisyah, Bu Tuti Haryati, Mbak Nur Tsuroyah dari Mojokerto, Pak Asef yang biasa dipanggil “Pak Dosen”, Mas Rudy yang sempat barter buku juga dengan saya, Bu Indri, Pak Donny yang selalu “fokus” hehe. Bu Yulia yang konon mirip Syahrini, Bu Khoirun Nisak, Pak Achmad Rifki, Pak Andy dari Balai Bahasa Jawa Timur, Pak Syarif dari Balai Bahasa Jawa barat, Ratu Fitria, Mas Encep yang sastrawan dan karya sudah bertebaran dimana-mana, Mbak Mini GK yang juga novelis.


Siapa lagi yang belum disebut ya? Harusnya sih semua 40 orang. Semuanya orang hebat. Pejuang literasi yang gigih. Tak mudah lho mengelola TBM hingga menarik pengunjung, tapi mereka berhasil dan telah membuktikannya. Tak mudah juga mengelola komunitas literasi hingga tetap eksis dan bisa “bernapas”. Tak mudah pula menjadi novelis, penyuluh, guru yang terus tanpa kenal lelah mencerahkan masyarakat. Tapi kami semua memang pantang menyerah, tekad sekuat baja, dan berseru lantang ke udara, “Mari, Menyemarakkan Literasi!”

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bertemu Orang-Orang Hebat di Acara Bimtek Fasilitator Literasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel