7 Langkah Cuci Tangan Wajib Untuk Anda Pahami

7 langkah cuci tangan
7 langkah cuci tangan

Mencuci tangan merupakan bagian dari kebersihan tubuh yang harus dilakukan. Karena, dengan mencuci bagian tangan berarti ikut serta menjaga kesehatan. WHO yang merupakan organisasi kesehatan internasional mengarahkan setidaknya ada 7 langkah yang perlu dilakukan. 7 langkah cuci tangan ini sangat perlu untuk anda pahami. Lebih jelasnya mengenai 7 langkah cuci tangan, simak ulasannya pada artikel ini.

Penting bagi setiap orang untuk senantiasa melakukan pembersihan tangan. Karena, banyak sekali hal yang dilakukan menggunakan tangan. Termasuk kontak tubuh dengan orang yang sedang sakit. Hal tersebut bisa saja menularkan bakteri yang tidak bisa dilihat oleh mata. Alangkah baiknya, bagi anda untuk melakukan cuci tangan secara rutin. Lebih lengkapnya, simak 7 langkah cuci tangan yang harus anda pahami.
7 Langkah Cuci Tangan Dengan Benar
Dibawah ini, akan kami berikan langkah dalam mencuci tangan yang benar agar bersih. Berikut langkahnya:
1. Basuh Kedua tangan
Pertama-tama basuh kedua tangan sampai dengan setinggi pertengahan tangan. Tentunya menggunakan air mengalir dan bersih. Kemudian, gunakan sabun secukupnya dan gosok pada kedua telapak tangan. Pastikan sabun telah berbusa agar kandungannya memberikan efek yang baik untuk menghilangkan bakteri.
2. Gosok Secara Bergantian
Pastikan anda menggosokan sabun tersebut ke kedua punggung tangan secara bergantian. Hal ini penting agar sabun dapat membersihkan serta menghilangkan kotoran maupun bakteri yang bisa saja hinggap pada tangan.
3. Gosok Sela Sela Jari
Selanjutnya,anda bisa menggosok sela sela dari jari. Hal ini di fungsikan agar tidak ada kotoran maupun bakteri yang tertinggal. Karena, sangat penting untuk menghilangkan semua bakteri yang ada pada tangan. Tentunya, agar kesehatan menjadi lebih terjamin.
4. Bersihkan Ujung Jari
Jangan sampai lupa untuk tetap membersihkan bagian ujung jari kedua tangan. Karena, ujung jari inilah yang biasanya banyak menyimpan bakteri. Caranya yaitu dengan menggenggamkan kedua tangan. Ataupun,bisa dengan cara dikatupkan satu sama dengan lainnya. Dengan begitu, sabun akan dapat masuk ke daerah dari ujung jari dan melakukan pembersihan terhadap kotoran yang ada.
5. Bersihkan Bagian Ibu Jari
Dalam aktivitas sehari-hari, ibu jari tentu sangat banyak melakukan berbagai pekerjaan utama. Terutama, penggunaan smartphone yang memang sudah sangat sering dilakukan. Karena itu, penting untuk dapat membersihkan bagian dari ibu ari. Yaitu dengan menggosok dan memutar kedua ibu jari tersebut secara bergantian. Anda bisa menambahkan sabun jika dirasa masih kurang.
6. Letakan Ujung Jari Di Telapak
Langkah keenam yang harus dilakukan yaitu dengan meletakan ujung jari di telapak tangan. Kemudian lakukan gosokan secara perlahan. Hal ini berguna untuk menghilangkan bakteri yang terdapat di ujung jari. Memang, ujung jari kerap kali digunakan untuk bermacam aktivitas anda. Karena itu, sangat penting untuk dapat dilakukan pembersihan sampai maksimal.
7. Bersihkan Pergelangan Tangan
Terakhir, anda bisa membersihkan di bagian pergelangan dari tangan. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga bagian dari tangan lebih bersih. Karena, pergelangan tidak jarang membantu aktivitas anda. Tanpa sengaja, bisa saja bakteri maupun virus dapat hinggap di pergelangan tangan. Untuk itu, tetap pastikan akan kebersihan dari pergelangan tangan.

Begitulah 7 langkah cuci tangan yang harus anda pahami dengan lebih mendalam. Karena, dengan mencuci tangan akan sangat menjaga kesehatan. Jadi, pastikan selalu mencuci tangan secara rutin ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Langkah Cuci Tangan Wajib Untuk Anda Pahami"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel