Fakta dan Manfaat Cuci Tangan Menggunakan Sabun yang Sering Dianggap Remeh

manfaat cuci tangan
manfaat cuci tangan

Tangan merupakan media yang paling cepat tempat berpindahnya kuman dari tangan ke tubuh kita. Misalnya langsung mengelap keringat menggunakan tangan yang sedang kotor. Manfaat cuci tangan sebelum melanjutkan aktivitas sering diabaikan begitu saja oleh sebagian orang. Sedangkan mencuci tangan dengan menggunakan air saja tidak cukup untuk mengusir kuman.

Tangan yang bersih bisa membantu untuk mencegah penyebaran infeksi mengendalikan resiko terkena mutasi bakteri. Setiap orang  harus membiasakan untuk mencuci tangan dengan bersih. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun yang mengandung antiseptik mampu mengatasi permasalahan ini. Fakta dan manfaat mencuci tangan menggunakan sabun adalah sebagai berikut.

Waktu yang Digunakan untuk Mencuci Tangan

Manfaat cuci tangan tidak bisa diperoleh hanya dengan menggunakan air saja. Biasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun kurang lebih selama 60 detik. Prosedurnya diawali dengan membasahi tangan dengan air yang mengalir, gunakan sabun dan gosok-gosok bagian jari tangan secara menyeluruh.

Kemudian bilas dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Keringkan tangan dengan menggunakan mesin pengering, lap atau tisu kering. Saat di rumah, kita bisa menyediakan lap yang digantungkan di sebelah wastafel  Dengan melakukan hal ini diharapkan setiap lemak dan kotoran yang menempel pada jari tangan bisa hilang dengan sempurna.

Mencegah Infeksi

Manfaat cuci tangan yang selanjutnya adalah mampu mencegah kita mengalami infeksi yang bisa terjadi kapan saja dan dialami oleh siapa saja. Untuk itu penting bagi kita untuk  menerapkan kebiasaan mencuci tangan setelah beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Terutama kepada anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Ajarkan cara mencuci tangan menggunakan sabun dengan benar sehingga anak dan keluarga kita bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Mencuci tangan setelah ke toilet merupakan hal yang wajib kita lakukan sebelum menyentuh makanan. Dengan selalu mencuci tangan setiap kali setelah beraktivitas mampu mencegah timbulnya penyakit seperti radang tenggorokan, diare, iritasi kulit, jerawat, mata merah dan berbagai penyakit lain yang disebabkan oleh kuman.

Mampu Mencegah Sepsis

Manfaat cuci tangan yang berikutnya adalah mampu mencegah kita terkena sepsis. Yaitu suatu kondisi medis yang serius diakibatkan adanya infeksi sehingga menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Gejala yang timbul saat seseorang terkena sepsis adalah demam, sulit bernafas, denyut jantung yang cepat, tekanan darah rendah dan kebingungan mental. Jika dibiarkan tanpa penanganan yang serius bisa mengakibatkan kematian.

Lingkungan Jadi Aman

Dengan membiasakan diri mencuci tangan setelah beraktivitas bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan aman. Satu langkah sederhana yang efektif dan mampu mencegah terjangkitnya penyakit yang menular dan berbahaya atau infeksi. Kegiatan pencegahan ini secara tidak langsung bisa mengurangi biaya pengobatan kesehatan setiap bulannya.

Agar manfaat cuci tangan bisa dirasakan secara maksimal, kegiatan ini harus dijadikan sebuah kebiasaan yang utama dalam berkegiatan. Terutama saat berada di rumah sakit atau di tempat umum. Dalam keadaan mendesak dan tidak ada tempat untuk mencuci tangan, kita bisa menggunakan hand sanitizer. Yaitu sebuah cairan yang mengandung antiseptik pengganti sabun dan bisa digunakan untuk membersihkan tangan dari kuman.

Adanya fakta dan manfaat cuci tangan menggunakan sabun yang sering dianggap remeh membuat banyak orang yang terkena penyakit yang disebabkan karena kuman. Hal ini dapat dicegah dengan menerapkan cara mencuci tangan yang baik dan benar serta menjadikannya sebagai kegiatan rutin.


sumber gambar: carenow.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fakta dan Manfaat Cuci Tangan Menggunakan Sabun yang Sering Dianggap Remeh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel