Keraton Cirebon, Cocok Untuk Anda Kunjungi

keraton cirebon
keraton cirebon

Saat ini, mungkin banyak dari masyarakat yang belum mengetahui seluk beluk Kota Cirebon. Termasuk dengan adanya keraton di daerah ini. Keraton Cirebon dengan nama Kasepuhan sudah ada sejak zaman dahulu. Saat ini, keraton dapat dikunjungi oleh masyarakat untuk berlibur dan mengenal lebih dalam mengenai sejarah.

Bangunan dari keraton kasepuhan sudah memiliki umur mencapai ratusan tahun. Faktanya, masih cukup kuat untuk berdiri. Untuk anda yang pertama kali mengunjungi tempat ini tentu akan merasakan kenyamanan. Terlebih, disambut dengan suasana kota Cirebon yang cukup sejuk. Tertarik mengetahui keraton Cirebon lebih dalam? Yuk, ikuti terus artikel ini.
Asal Usul Istilah Kasepuhan
Jadi, untuk nama dari keraton ini yaitu kasepuhan. Istilah ini memiliki arti sebagai orang yang dihormati. Atau, orang yang biasanya dimintai nasehat. Atau, yang lebih di tuakan. Untuk itu, istilah ini harus dipahami dengan baik. Karena, sudah seharusnya sebagai manusia saling menghormati. Terutama, agar bisa hormat kepada yang lebih tua.
Lokasi Keraton
Untuk anda yang tertarik mengunjungi lokasi ini juga sangat bisa. Alamat dari keraton berada di Jl. Kasepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Cukup dekat dengan keramaian dan terdapat banyak sekali transportasi yang bisa anda gunakan. Jadi, tidak perlu bingung jika ingin mengunjungi keraton ini.
Sisi Menarik Dari Keraton
Membahas mengenai keraton belum lengkap jika tidak mengetahui apa saja sisi menariknya. Berikut ini beberapa sisi menarik dari keraton Cirebon:
·         Bentuk Bangunan Masih Asli
Menarik dan sangat unik! Keraton ini masih mempertahankan bangunan yang sudah di buat sejak ratusan tahun lalu. Tingkat kekuatan dari bangunan ini sudah cukup baik. Karena, dalam beberapa situasi waspada juga tetap aman. Bahkan, untuk sisi dari tradisional pada bangunan masih terlihat dengan jelas.

·         Pagar Kokoh
Meski sudah memiliki usia ratusan tahun, nampaknya pagar yang ada di keraton masih tetap kokoh. Bahkan, anda akan merasakan kemegahan dari pagar ini sejak pertama kali mengunjunginya. Ternyata, di era dahulu pagar juga sangat diperlukan.

·         Museum
Jika anda ingin melihat dan mengetahui lebih jauh melalui artefak tentu sangat bisa. Karena, terdapat museum yang memang memiliki fungsi sebagai pemberian informasi kepada masyarakat. Semua artefak yang ada disini tertata dengan begitu rapih. Sangat menambah wawasan anda.

·         Kereta Kencana Singa Barong
Ternyata, UNESCO menobatkan kereta ini sebagai kereta yang paling cantik di dunia. Karena, untuk bentuknya sendiri memang tidak main-main. Dibuat dengan begitu teliti sampai dengan membentuk barong. Dahulu, kereta ini tentu cukup sering digunakan.

·         Pendopo Kecil
Jika anda ingin beristirahat sejenak dan tetap mendapatkan ilmu maka bisa mengunjungi pendopo ini. Disini, banyak sekali artefak lain yang dapat ditemukan. Tentunya, para pengunjung akan diberikan pengarahan yang lebih baik.

·         Akulturasi Budaya
Zaman dahulu, proses akulturasi budaya masih berjalan dengan begitu baik. Karena, memang tingkat toleransi yang ada cukup tinggi. Termasuk untuk bentuk dari bangunan yang  terdapat arsitektur Hindu, China serta Eropa. Hal ini tentu tidak menjadi masalah. Proses perawatan juga dilakukan dengan baik oleh pengelola.

Itulah ulasan lengkap mengenai keraton Cirebon. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mengunjunginya? Tentunya, anda harus mengunjungi tempat bersejarah ini. Jangan sampai melewatkannya!

sumber gambar: kompas.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keraton Cirebon, Cocok Untuk Anda Kunjungi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel