Cara Menyapih Anak Dengan Mudah, Bunda Harus Tau!

Cara Menyapih Anak
Menyapih merupakan proses untuk menghentikan anak menyusu ibunya. Cara menyapih anak harus dilakukan dengan tepat. Karena, hal ini berkaitan dengan kebutuhan sang anak. Saat proses menyapih ini dilakukan maka akan merubah cara dalam memberikan nutrisi. Tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara yang bisa ibu gunakan.
Tentunya, ada banyak sekali alasan mengapa anak harus disapih. Seperti ASI yang kurang, bayi kehilangan minat dalam menyusu sampai dengan bayi kerap kali menggigit payudara. Ataupun, masih banyak hal lainnya yang bisa menjadi penyebab. Terpenting, untuk menyapih ini harus dilakukan dengan benar. Bagaimana caranya? Daripada penasaran, yuk cari tahu lebih jelasnya ada pada artikel ini.

Beberapa Cara Menyapih Anak

Untuk menyapih anak, anda bisa melakukan dengan beberapa cara. Berikut cara yang bisa anda lakukan:

Menidurkan Anak Tanpa Disusui

Ibu kerap kali menidurkan anak sembari memberikan ASI kepada anak. Jika ingin menyapih anak, maka cobalah untuk menghilangkan aktivitas tersebut. Mungkin, hal ini memang tidak bisa dilakukan secara langsung. Hanya saja, bisa dilakukan secara bertahap. Memang tidak mudah dan membutuhkan waktu untuk prosesnya.
Sebagai pergantian dari memberikan ASI, maka ibu bisa menidurkan anak dengan membaca buku, memeluk dan lainnya. Bahkan, bisa dengan mendengarkan musik untuk mendapatkan kenyamanan dalam beristirahat. Tentunya, hal ini bisa ibu lakukan untuk membuat anak agar bisa beristirahat dengan nyaman tanpa ASI.

Mulai Secara Perlahan

Penting! Perlu diketahui bahwa untuk melakukan proses menyapih ini tidak bisa secara langsung. Melainkan, harus membutuhkan waktu yang cukup panjang. Karena, frekuensi yang terlalu cepat akan membuat payudara dari ibu menjadi bengkak. Karena, terlalu sering menyusui kemudian tidak menyusui anak.
Untuk itu, proses menyapih anak bisa dilakukan dengan waktu yang perlahan. Jangan tergesa-gesa karena bisa fatal akibatnya. Terutama, pada kondisi dari ibu yang memang memiliki perbedaan tubuh lebih signifikan. Pastikan untuk selalu memulainya dengan perlahan sampai anak terbiasa.

Kurangi Satu Waktu Menyusui

Umumnya, banyak dari ibu yang menyusui pada 3 waktu. Yaitu pagi,siang dan malam hari. Jika ingin menyapih anak, maka bisa dikurangi satu waktu terlebih dahulu. Kondisi yang paling tepat yaitu pada siang hari. Karena,pada siang hari memungkinkan untuk dapat diberikan sumber nutrisi yang lainnya.
Seperti bisa diberikan makanan yang padat dan penuh nutrisi. Namun, tetap pada pagi dan malam hari diberikan Asi untuk memenuhi kebutuhan anak terlebih dahulu. Sekaligus, untuk membuat ibu agar kesehatannya tetap terjaga. Karena, jika hal tersebut dilakukan langsung dapat membuat masalah pada payudara ibu.

Ganti Botol Dengan Cangkir

Sampai saat ini, mungkin ibu memberikan botol lebih sering dibandingkan cangkir bukan? Mulai sekarang, cobalah untuk dapat mengganti botol tersebut dengan cangkir. Karena, hal ini akan sangat membantu anak agar bisa mandiri. Penggunaan botol dengan dot hanya akan membuat anak sulit berpaling dari ASI.
Untuk itu,cobalah untuk digantikan dengan cangkir. Jadi, minuman yang akan diberikan tuangkan terlebih dahulu pada cangkir. Kemudian, anak bisa diajarkan untuk mengkonsumsi melalui cangkir. Maka, akan membantu dalam menyapih anak!
Cara menyapih anak diatas sangat perlu untuk anda coba. Karena, hanya dengan cara diatas tentunya sangat membantu dalam menyapih anak. Terutama, agar lebih cepat dalam proses menyapih tersebut. Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menyapih Anak Dengan Mudah, Bunda Harus Tau!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel