Inilah Lima Cara Mengatasi Bayi Sungsang Agar Dapat Melahirkan Secara Normal

sungsang
Bagi setiap ibu maupun calon ibu sangat menginginkan bayi yang sehat dalam kandungan maupun setelah melahirkan. Banyak sekali para ibu yang mendambakan dapat melahirkan secara normal. Hal ini disebabkan karena melahirkan secara normal lebih cepat proses penyembuhannya dibandingkan melahirkan secara caesar. Jika kamu melakukan proses melahirkan secara caesar maka perlu setidaknya satu bulan untuk beristirahat full dan tentunya nyeri sehabis melahirkan karena dijahit harus kamu rasakan setiap ingin bergerak.

Akan tetapi posisi bayi yang tidak tepat sering sekali membuat persalinan secara normal tidak dapat dilakukan. Pada usia 28 sampai 34 minggu bayi masih dapat leluasa bergerak dalam kandungan. Untuk usia sekitar 34 minggu bayi sudah mulai membesar dan tentunya tidak dapat bergerak dengan leluasa lagi. Apabila posisi bayi melintang atau ternyata kepala bayi masih berada di atas, nah hal inilah yang akan menjadi penyebab sulitnya melahirkan secara normal atau harus menempuh jalur operasi.

Posisi bayi melintang atau kepala bayi di atas inilah yang disebut dengan sungsang. Sebenarnya tidak perlu khawatir, karena semakin canggihnya teknologi kamu dapat menempuh jalur operasi. Akan tetapi hal ini sangat berat bagi para ibu yang mendambakan proses persalinan secara normal. Jika kamu tetap memaksa ingin melahirkan secara normal, tidak perlu berputus asa. Berikut kita ulas mengenai gerakan-gerakan yang dapat dilakukan oleh si ibu guna memperbaiki posisi bayi agar normal kembali. Meskipun begitu sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter kandungan mengenai gerakan yang aman untuk kamu ya. Adapun umumnya, berikut gerakan-gerakannya:

Merangkak Menggunakan Tumpuan
Posisi ini hampir mirip dengan posisi bersujud ketika salat. Hanya saja posisi lutut kamu harus lebih tinggi. Caranya, kamu dapat menggunakan tepi tempat tidur atau kursi sebagai tumpuan agar posisi kaki sedikit lebih tinggi dari kepala. Setelah itu, bungkukanlah badan sehingga siku sampai pada permukaan bumi. Dari posisi ini didapatkan sudut kemiringan di antara perut sehingga memudahkan posisi kepala bayi untuk segera turun ke jalan lahir normal tentunya dengan bantuan gravitasi.

Tidur Secara Terbalik
Agar bayi kembali ke posisi normal setelah sungsang ialah dengan cara tidur telentang di lantai dengan kedua kaki di atas tempat tidur maupun sofa. Angkat pinggul pelan-pelan sampai tercipta sudut kemiringan. Manfaatkan tumpukan bantal guna menopang leher dan di bawah pinggul kamu juga ya.

Tidur Miring
Bagi kamu yang sedang mengandung, khususnya jika usia kandungan sudah tua disarankan untuk tidur miring dibandingkan tidur secara telentang. Hal ini dilakukan demi mudahnya bayi bergerak dalam kandungan. Tidur miring akan membuat ruang dalam kandungan lebih luas sehingga memudahkan janin dalam bergerak. Tentunya hal ini dapat membantu bayi berputar, merubah posisi agar kembali normal.

Memutar Posisi Bayi dari Luar
Metode ECV atau external cephalic version dapat mengatasi bayi sungsang ini. Metode ini dilakukan dengan cara menekan perut kamu dan mengarahkan kepala si bayi ke jalur kelahiran. Perlu diingat, cara ini hanya boleh dilakukan dengan bantuan dokter kandungan dan tidak boleh asal-asalan.

Hipnosis
Nah untuk kamu yang menginginkan cara aman tanpa efek samping, cara ini benar-benar menjadi pilihan yang pas. Pengembang metode ini ialah Kerry Tuschhoff. Metode ini dilakukan dengan menggunakan musik lembut untuk melemaskan otot-otot dan menggunakan bantuan sugesti hipnosis yang efektif untuk merubah posisi ke jalan kelahiran.
Itulah tadi beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi bayi sungsang. Akan tetapi, untuk kemanan keduanya, ada baiknya berkonsultasi kepada dokter kandungan sebelum melakukannya. Selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Lima Cara Mengatasi Bayi Sungsang Agar Dapat Melahirkan Secara Normal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel