Inilah 6 Jenis Keputihan yang Harus Wanita Ketahui!



Wanita setiap bulannya akan mengalami masa menstruasi. Akan tetapi, sebelum atau sesudahnya seringkali disertai dengan adanya keputihan. Keputihan adalah suatu hal yang normal terjadi pada setiap wanita, terutama ketika memasuki usia subur. Keputihan yang normal pada umumnya tidak disertai dengan keluhan lain yang mengganggu.

Vaginal discharge atau yang biasa disebut dengan keputihan merupakan cairan atau lendir yang keluar dari vagina. Lendir tersebut berfungsi untuk membawa keluar kuman dan sel-sel mati dari dalam tubuh. Hal ini bertujuan untuk menjaga vagina tetap bersih dan melindungi vagina dari infeksi atau iritasi.

Meskipun keputihan merupakan hal yang normal, dalam keadaan lain bisa saja menjadi tanda adanya suatu penyakit, misalnya seperti disertai keluhan lain dan warna lendir yang tidak biasa.

Untuk mengetahui bagaimana keputihan yang normal dan abnormal, inilah 6 macam-macam keputihan yang harus wanita ketahui.

        1. Berwarna Bening
            Keputihan dengan warna yang bening atau menyerupai putih telur yang matang ini adalah hal yang normal. Cairan seperti ini biasanya akan keluar di awal siklus menstruasi sampai ovulasi. Cairan ini memiliki tekstur yang lengket dan membantu menarik sperma ke dalam rahim.

       2. Berwarna Putih Susu
           Jika keputihan yang keluar berwarna putih susu maka cairan ini benar-benar sehat. Dari masa pertengahan hingga ke akhir siklus bulanan, cairan akan menjadi seperti krim sebagai akibat dari pelepasan progesteron. Cairan yang tebal ini dapat menghalangi leher rahim dan menjebak sperma di dalam, maka jika Anda meminum pil, cairan ini akan berbentuk krim sepanjang waktu.

       3. Seperti Keju Cottage
            Lendir yang berwarna putih dan berbentuk gumpalan bisa menunjukkan adanya infeksi jamur. Jamur menyukai hal yang hangat, gelap, lingkungan yang lembab, dan apapun yang dapat membuat daerah V berkeringat. Apabila Anda rentan mengalami infeksi jamur, hindari memakai celana ketat sintetis dan legging, berolahraga tanpa mandi setelahnya, ataupun meninggalkan baju renang basah selama berjam-jam.

       4. Cairan seperti Pelumas
            Beberapa hari sebelum mengalami ovulasi, cairan keputihan akan sangat licin. Cairan serviks ini menjadi seperti pelumas. Keputihan seperti ini adalah hal yang normal, bahkan hari terakhir cairan ini muncul adalah hari yang paling subur dalam sebulan. Hal itu merupakan hari terakhir sebelum sel telur dilepaskan. Jenis keputihan ini pun mengandung banyak kalium.

       5. Berwarna Kuning
            Keputihan yang berwarna kuning bisa menyebabkan infeksi. Umumnya cairan jenis ini memiliki tekstur tebal dan jika berbau memiliki bau yang busuk. Kondisi ini adalah indikasi yang jelas dari infeksi vagina. Cairan seperti ini bisa berpotensi mengindikasikan trikomoniasis yang merupakan infeksi menular seksual. Perlu diketahui bahwa banyak wanita yang menderita gonore atau klamidia tidak menunjukkan gejala apa pun, tetapi keluarnya cairan kuning merupakan indikasinya. Waspadai keputihan jenis ini karena umumnya tidak normal.

        6. Berwarna Coklat atau Keluar Darah
            Ketika masa menstruasi berakhir, mungkin seringkali terlihat keluarnya cairan berwarna coklat pekat. Tidak usah khawatir, keputihan jenis ini bisa dikatakan normal. kondisi ini adalah cara tubuh untuk membersihkan rahim setelah menstruasi. Selain itu, apabila melakukan hubungan seksual tanpa memakai kondom dan melihat keputihan dengan bercak coklat atau berdarah dapat menunjukkan tanda kehamilan. Flek yang lebih berat dapat menunjukkan keguguran. Namun, jika flek yang abnormal, Anda harus segera konsultasikan ke dokter untuk menanganan yang tepat.

            Keputihan adalah hal yang normal, tetapi jika ada suatu hal yang berbeda dalam keputihan Anda, maka Anda harus waspada.


sumber gambar: tribunpontianak.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah 6 Jenis Keputihan yang Harus Wanita Ketahui!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel