Kiat Agar Tetap Segar Selama Puasa Ramadan


Bagaimana rasanya puasa hari pertama? Lemas? Lapar? Bagaimana pula hari-hari berikutnya? Masih tetap lemas? Coba dievaluasi lagi, mungkin ada kebiasaan yang salah. Puasa tak selalu identik dengan lemas sehingga harus rebahan terus dari pagi sampai sore. Banyak kok, mereka yang berpuasa tapi tetap segar bugar.

Saya coba berikan beberapa tips, agar kita tetap segar dan bersemangat menjalani puasa Ramadan.

Latihan Puasa Sebelum Ramadan Datang
Jika tips ini dibaca saat Ramadan sudah tiba, mungkin terlambat untuk mempraktikkannya. Tapi bisa dicoba untuk Ramadan yang akan datang. Saya dan keluarga Alhamdulillah di bulan Sya’ban sudah melatih diri dengan berpuasa sunnah. Bahkan saat H-1 Ramadan, kami sudah berpuasa terlebih dahulu. Saat Ramadan hari pertama, kami merasa tetap bugar dan tak terasa lapar. Mungkin karena sudah terbiasa.

Perbanyak Baca Al-Qur’an
Efek membaca Al-Qur’an ternyata tidak hanya untuk ruhiyah, tapi juga untuk badan. Coba praktikkan, saat terasa lapar, baca Al-Qur’an lebih banyak. Lapar akan hilang. Saya sering mengalaminya. Ajaib. Membaca Al-Qur’an ternyata “mengenyangkan”.

Tidak Tidur Setelah Subuh
Saya sudah merasakan sendiri perbedaannya. Tidur setelah subuh ternyata malah membuat tubuh lemas. Apalagi tidurnya kebanyakan. Semakin terasa cepat lapar. Hindari sebisa mungkin tidur habis subuh. Lebih baik ditahan dan ditunda tiudrnya menjelang siang atau setelah shalat dhuhur.

Olahraga Pagi
Walaupun berpuasa, olahraga tetap harus jalan. Olahraga ringan seperti berjalan kaki, senam, atau sambil bersih-bersih halaman, akan sangat membantu tubuh kita tetap segar. Tapi untuk olahraga berat sebaiknya ditunda dulu. Karena khawatir terlalu banyak keringat yang keluar dan malah membuat kita dehidrasi.

Sahur dengan Daging dan Buah
Mengonsumsi daging saat sahur membuat badan kita tetap segar di pagi hari. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah. Asupan makanan yang bergizi, kaya vitamin dan protein akan menjaga kebugaran kita selama menjalani ibadah puasa Ramadan.

Perbanyak Minum di Malam Hari
Penuhi kebutuhan cairan di malam hari. Seperti anjuran dokter, setidaknya minum 1,5 liter air putih akan membantu menjaga keseimbangan tubuh kita.

Hindari Begadang di Malam Hari
Kecuali untuk hal-hal yang benar-benar penting, hindari begadang di malam hari. Begadang di malam hari akan membuat kita mengantuk di pagi hari, khususnya setelah subuh. Ini akan membuat tubuh kita cepat lemas.

Baca Buku yang Memotivasi
Tubuh yang segar itu kadang dipengaruhi oleh hati dan pikiran. Karena itu, beri juga asupan yang bergizi buat hati dan pikiran kita. Perbanyak membaca kisah-kisah yang memotivasi. Dengarkan ceramah agama yang menyejukkan. InsyaAllah yang semula lemas akan bangkit semangatnya lagi.

Lakukan Hobi
Meskipun dalam keadaan puasa, jangan fokus pada rasa lapar, hehe. Cobalah untuk mengalihkan perhatian pada hal-hal yang menyenangkan. Lakukan yang kita sukai. Misal hobi bikin kerajinan tangan, cobalah bikin. Misal hobi nonton Youtube, taka da yang melarang nonton asal tetap bermanfaat ya. Buat hati senantiasa senang, karena jika sudah demikian, kita akan lupa kalau sedang lapar.

Mandi Lebih Pagi
Jangan tunda mandi pagi. Kalau bisa sebelum subuh lebih baik. Atau setelah subuh juga oke. Dengan begitu, kita akan merasa segar di pagi hari dan siap melakukan aktivitas-aktivitas yang produktif. Ohya, jangan lupa gosok gigi, agar mulut tetap wangi. Hehe.

Sering Wudhu
Begitu batal, segeralah kembali wudhu. Selain berpahala karena mengamalkan sunnah menjaga wudhu, juga akan membuat kita tampak cerah dan lebih segar. Setelah itu bisa lanjut dengan shalat sunnah dua rakaat dan membaca Al-Qur’an. Baru kemudian lanjut aktivitas lainnya.

Tentu masih banyak kiat-kiat lainnya. Kamu bisa menemukannya sendiri atau lewat pengalaman orang lain. Setidaknya 11 tips itu bisa membantu, agar tetap bugar selama menjalani puasa Ramadan. Karena kalau Ramadan kita jalani dengan penuh semangat, tentu akan semakin banyak keberkahan yang mengucur di dalamnya.


#bersemadi_harike3
#inspirasiramadan
#dirumahaja

#flpsurabaya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kiat Agar Tetap Segar Selama Puasa Ramadan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel