Tips Ketika Tak Sempat Sahur


Pernahkah kamu mengalami terlambat sahur dan ternyata sudah masuk adzan subuh? Alhasil, hari itu benar-benar kosong dari makanan dan minuman, meski hanya seteguk.

Saya pernah. Dan sepertinya, jika diingat-ingat, selalu ada tiap tahun, tiap Ramadan, sekali atau dua kali puasa tanpa sahur. Rasanya gimana? Lapar tentu saja, hehe.

Kalau yang sahur saja merasa lapar, apalagi yang gak sahur. Logikanya kan gitu? Lemas, pinginnya rebahan terus. Pokoknya sudah gak punya daya dan tenaga. Begitukah?

Sebenarnya gak juga, kalau kita tahu tipsnya. Apa saja?

1. Jaga Komitmen Puasa
Meski gak sempat sahur, tentu bukan alasan untuk membatalkan puasa dong. Puasa tetap wajib, mau sahur atau nggak. Sebab sahur bukan syart sahnya puasa. Sahur itu sunnah yang sangat dianjurkan agar kita bisa kuat berpuasa mulai subuh hingga beduk maghrib datang. Kuatkan komitmen, apapun yang terjadi, tak akan batalin puasa.

2. Kurangi Tidur
Iya. Kebanyakan tidur justru bikin tambah lapar dan lemas. Saya sudah pernah mencobanya. Haha. Apalagi tidurnya pagi-pagi, dijamin bangun-bangun langsung lemas gak bisa ngapa-ngapain. Bahkan sekadar melangkahkan kaki saja, kok ya abot tenan. Biar gak tergoda buat tidur, ya kuncinya jauh-jauh dari kasur, mandi, dan mulai beraktivitas.

3. Lupakan Lapar
Lapar? Wajar. Namanya aja gak makan. Tapi jangan fokus memikirkan lapar, jangan fokus merasakan laparnya. Lupakan. Gimana caranya? Lakukan hal-hal yang menyenangkan. Kalau anak saya biasanya main. Kalau saya baca buku. Kamu suka apa? Ya, lakukan itu. Asal tetap positif dan bermanfaat ya.

4. Baca Al-Quran
Percaya deh. Baca Al-Qur’an bikin tambah makin segar. Perut kita lapar tapi ruh kita kenyang. Akibatnya kita tetap semangat. Lihat coba orang yang badannya sakit dan terbaring di kasur, tetapi semangatnya terus membara, dia akan tetap kelihat ceria dan kadang lupa sama sakitnya. Ini karena kekuatan ruh. Tubuh kita kan kan tidak hanya jasad, tapi ada ruh di dalamnya.

5Dilarang Mengeluh
Tahan. Gak perlu pake woro-woro dan curhat di medsos: “Duh, gue gak sahur nih.” Maksudnya curhat, bisa-bisa malah dijulidin sama netizen. Biarlah ia hanya menjadi rahasiamu dengan Allah. Kalau lapar, ya mengeluh sama Allah. Kalau kamu mengeluh sama manusia, apa terus mereka mau mengantarmu makanan? Kalau benar diantar makanan, apa benar terus mau kamu makan? Hoyy! Ingat, harus kuat, gak boleh batal, tetap puasa.

6. Waspada Dehidrasi
Kurangi aktivitas fisik yang agak berat jika memang gak sempat sahur. Aktivitas yang terlalu berat, butuh energi yang besar dan kadang bikin keringat banyak keluar. Maksudnya ingin tetap segar, nanti malah dehidrasi. Kekurangan cairan. Bahaya ini.

7. Jangan Diulang
Dievaluasi. Kenapa telat bangun. Ternyata anak saya lupa menyalakan jam weker. Sementara saya yang mengandalkan alarm HP, ternyata HP mati karena baterai habis. Ditambah malam harinya, kami begadang terlalu larut. Ya pas deh, layak kesiangan. Eh! Jadikan itu pelajaran. Pastikan alarm dan jam weker terpasang dengan baik sebelum tidur. Dan lagi-lagi ingat pesan Bang Rhoma, jangan begadang jika tidak ada perlunya.

8. Jangan Balas Dendam
Meski lapar sudah ada pada tingkat “akut”. Ceileh, lebay. Buka puasa bukan ajang balas dendam. Sehingga tiga piring disikat habis. Kolak satu panci dibersihin semua. Selow, bro! Malam ini masih panjang. Secukupnya saja. Kalau malamnya masih lapar, ya tinggal makan lagi.


Tetap kuatkan semangat untuk terus berpuasa penuh di bulan Ramadan. Apapun yang terjadi, tak boleh bolong satu pun. Tentu saja ini khusus agan-agan ya. Kalau sista-sista beda cerita. 

#bersemadi_harike8
#inspirasiramadan
#dirumahaja

#flpsurabaya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Ketika Tak Sempat Sahur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel