Tips Menurunkan Berat Badan 10 Kg Tanpa Diet


Banyak yang takjub ketika melihat penampakan saya yang berubah.
"Tambah kurus."
"Tambah tirus."
"Agak langsingan."

Mereka tak salah. Berat badan saya merosot 10 kg sejak beberapa bulan terakhir.
"Apa resepnya?"
"Diet ta?"
Itulah pertanyaan yang muncul kemudian.

Sebenarnya, saya termasuk orang yang tak terlalu peduli dengan urusan berat badan. Karena itu saya tak tertarik dengan berbagai macam program diet yang populer. Lha wong orang yang kurus pingin gemuk, kok yang gemuk malah pingin kurus.

Tujuan saya cuma ingin sehat. Karena sakit yang saya alami mengganggu aktivitas yang super padat. Haha.

Saya teringat pesan suhu saya, "Kuncinya kuat menahan lapar." Oh gitu. Jadi saya makan hanya saat benar-benar lapar. Tapi kadang satu-dua-tiga-empat kali khilaf juga. Apalagi kalau sedang bertamu atau diajak rapat sambil makan-makan.

Itu yang pertama. Kedua, saya tidak makan malam setelah lewat waktu isya. Jadi makan malam itu ya sore atau paling telat bakda maghrib. Tapi inipun sering khilaf. Terutama saat ada majelis yang notabene malam hari. Suguhan tuan rumah tak elok kalau ditolak. Hehe.

Ketiga, olahraga. Olahraga saya gowes sepanjang jalan buduran. Biasanya selepas subuh, jam 5 pagi. Jam 6 selesai karena harus ngantar anak ke sekolah. Selain bersepeda, olahraga lainnya ya naik turun tangga. Karena ruang kerja dan perpustakaan saya ada di lantai 2. Sementara kamar tidur di lantai 1.

Keempat, no camilan malam-malam. Eh, sebenarnya nyemil juga. Tapi nyemil buah. Buah favorit saya semangka. Tiap hari saya makan semangka. Semangka sekaligus jadi moodbooster buat saya. Kalau suntuk nulis, selingi makan semangka. Kalau malas nulis, makan semangka dulu.

Kelima, air putih no air dingin. Tapi beberapa hari belakangan ini saya sering khilaf minum air es. Mudah-mudahan segera tobat. Minum air putih harus banyak. Kata bu dokter, 1,5 liter itu minimal. Harusnya lebih.

Keenam, ini yang saya tak mau cerita. Kata Dilan, beraaat. Kalau penasaran, japri aja. Haha.
Lumajang, 29 November 2019

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menurunkan Berat Badan 10 Kg Tanpa Diet"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel